Wednesday, October 2, 2013

Pengantar Teknologi Informasi 5


System Unit

System Unit adalah seperangkat komponen elektronik komputer yang digunakan untuk memproses data dan terletak di dalam casing.

Komponen tersebut sebagian besar terdiri dari :

1. Processor  : berfungsi sebagai otak dari komputer. Di dalam processor terdapat CU (COntrol Unit) dan ALU (Arithmetic Logic Unit), dimana CU berfungsi sebagai unit control langsung dan menyelaraskan operasi-operasi dalam komputer mulai dari input sampai output. Sedangkan ALU berfungsi sebagai perhitungan aritmatika, perbandingan, dan operasi logika terhadap pengolahan data komputer.

2. Memory/RAM  : berfunsi sebagai media penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup, jika komputer tersebut mati maka data yg dismpan akan hilang.

3. Hard Disk  : berfungsi sebagai media penyimpanan selamanya meski komputer mati data masih tetap tersimpan dan jika hard disk tidak rusak.

4. Power Supply  : berfungsi sebagai pengubah arus listrik AC ke arus listrik DC, karena komputer hanya bisa menerima arus DC, kemudian mendistribusikan/menyalurkan aliran listrik tersebut ke seluruh komponen komputer.

5. VGA(Video Graphic Adapter) Card  : berfungsi sebagai alat pengubah sinyal digital pada komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor.

6. CMOS(Complementary Metal Oxide Semiconductor) Battery : berfungsi sebagai alat untuk menyimpan setting BIOS dan menyimpan waktu pada komputer(time setting).

7. Slot , Port  : berfungsi sebagai tempat menancapkan memory,  usb, sound, vga card dan lain sebagainya.

8. Case Fan  : berfungsi sebagai alat untuk mendinginkan suhu komputer. Karena komputer panas akan memperlambat kinerja komputer.

9. Motherboard  : berfungsi sebagai papan induk dimana semua perangkat seperti processor, memory, slot untuk ekspansi dan lain-lain. Fungsi motherboard tidak kalah penting dari processor, motherboard yg kurang baik akan mempengaruhi kinerja komputer.

Ditulis Oleh : Santri Cupu At: 8:45 AM Kategori: